SILABUS


SILABUS  
Nama Sekolah                     : SMA  
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : X/1
Standar Kompetensi       : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Alokasi Waktu               : 16 jam pelajaran (untuk UH 2 jam)
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

§ Perkembangan tabel periodik unsur.


· Mengkaji literatur tentang perkembangan  tabel periodik unsur dalam kerja kelompok.
· Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokkan unsur-unsur.

·    Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
·   Menjelaskan dasar pengelom-pokan unsur-unsur.
·  Jenis tagihan:
  Tugas kelompok
   Kuis
   Ulangan
·  Bentuk instrumen
   Laporan  tertulis
   Penilaian sikap

2 jam
·   Sumber
Buku kimia,
Tabel periodik,
Kartu unsur
·   Bahan
Lembar
§ Struktur atom

· Mengkaji tabel periodik unsur untuk menentukan partikel dasar, konfigurasi elektron, massa atom relatif.
· Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton melalui kerja kelompok.
·    Menentukan partikel dasar (proton, elektron dan netron)
·    Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi
·    Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik
·    Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton)
2 jam
§ Sifat fisik dan sifat kimia unsur
§ Sifat keperiodikan unsur

· Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid.
· Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau grafik dan nnomor atom melalui diskusi kelompok.
· Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
·    Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
·    Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, affinitas elektron dan keelektronegatifan

2 jam

§ Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern.

· Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah ditugaskan pada pertemuam sebelumnya).
· Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian.
· Menyimpulkan hasil pembelajaran
·    Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen.


2 jam

1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk

Ikatan Kimia
§ Kestabilan unsur


§ Struktur Lewis

§ Ikatan ion dan ikatan kovalen
· Menentukan unsur yang dapat melepaskan elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok
· Menggambarkan susunan elektron valensi Lewis melalui diskusi kelas.
· Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas


§ Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
§ Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan okted) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
§ Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan ion.
§ Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.
·  Jenis tagihan
   Kuis
   Tugas individu,   Tugas kelompok,
   Ulangan
·  Bentuk instrumen
Laporan tertulis,
Performans (kinerja dan sikap), tes tertulis

3 jam
·   Sumber
Buku kimia

·   Bahan
Lembar kerja,
Larutan yang berifat polar dan non polar
·   Alat
Standar, Buret, corong, gelas kimia,

§ Ikatan  kovalen koordinat
§ Senyawa kovalen volar dan non volar.
§ Ikatan logam


· Mendikusikan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinat dari beberapa contoh senyawa sederhana.
· Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium.
· Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium
§ Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan koordinasi pada beberapa senyawa.
§ Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan.
§ Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam.
§ Menghubungkan sifat fisis materi dengan jenis ikatannya.

3 jam


SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : X/1
Standar Kompetensi           : 2.  Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Alokasi Waktu                      : 20 jam (untuk UH 4 jam)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.

§ Tata nama senyawa






§ Menentukan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama) dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
§ Menentukan nama senyawa biner yang terbentuk melalui ikatan kovalen.
§ Menentukan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation (golongan utamadan NH4+) dan anion poliatomik serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa biner dan poliatomik.
§ Menginformasikan nama beberapa senyawa organik sederhana.

§ Menuliskan nama senyawa biner
§ Menuliskan nama senyawa poliatomik
§ Menuliskan nama senyawa organik sederhana
§  Jenis tagihan
Tugas individu
 kuis
Ulangan
§ Bentuk instrumen
  Tes tertulis

2 jam
§ Sumber
Buku kimia
Lembar kerja siswa
§ Persamaan reaksi sederhana
§ Mendiskusikan cara menyetarakan reaksi.
§ Latihan menyetarakan persamaan reaksi.

§ Menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya
4 jam
2.2. Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.
Hukum dasar kimia
§ Hukum Lavoisier
§ Hukum Proust
§ Hukum Dalton
§ Hukum Gay Lussac
§ Hukum Avogadro

§ Merancang dan melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier, dan hukum Proust di laboratorium.
§ Menarik kesimpulkan dari data hasil percobaan.


§ Membuktikan Hukum Lavoisier melalui percobaan
§ Membuktikan hukum Proust melalui percobaan

§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§ Bentuk instrumen
 Tes tertulis,  Performans (kinerja  dan sikap)
  Laporan tertulis

2 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
alat dan bahan untuk percobaan.

§ Mendiskusikan data percobaan untuk membuktikan hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro dalam diskusi kelompok di kelas.
§ Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac.
§ Menemukan hubungan antara volum gas dengan jumlah molekulnya yang diukur pada suhu dan tekanan yang sama (hukum Avogadro).
§ Menganalisis senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (hukum Dalton)
§ Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volum (hukum Gay Lussac).
§ Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum hukum Avogadro.

§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§ Bentuk instrumen
 Tes tertulis

2 jam

§ Perhitungan kimia

§ Diskusi informasi konsep mol.
§ Menghitung jumlah mol, jumlah partikel, massa dan volum gas, menentukan rumus empiris, rumus molekul, air kristal, kadar zat dalam senyawa, dan pereaksi pembatas.

§ Mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel, massa, dan volum zat.
§ Menentukan rumus empiris dan rumus molekul
§ Menentukan rumus air  kristal
§ Menentukan kadar zat dalam suatu senyawa.
§ Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi
§ Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaks

6 jam




















SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : X/2
Standar Kompetensi           : 3. Memahami sifat-sifat  larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-redukasi
Alokasi Waktu                      : 14 jam (2 jam untuk UH )
Kompetensi dasar
Materi Pembelajara
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
3.1 Mengidentifikasi  sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.

§ Larutan elektrolit dan non elektrolit
§ jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik
§ jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan:

§ Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit dalam diskusi kelompok dilaboratorium.
§ Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan elektrolit dan non elektrolit.

§ Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit  melalui  percobaan
§ Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
§ Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
§ Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
§  Jenis tagihan
Tugas kelompok
Ulangan
Responsi (ujian praktik)
§ Bentuk instrumen
 Tes tertulis,   performans (kinerja dan sikap) ,
  Laporan tertulis
3 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Alat dan bahan untuk percobaan

3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.

§ Konsep oksidasi dan reduksi
§ Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion

§ Demontrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan ke dalam air aki).
§ Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas.
§ Beratih menentukan bilangan oksidasi,  oksidator, reduktor, hasiloksidasi, dan hasil reduksi.
§ Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
§ Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
§ Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks

§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
kuis
§ Bentuk instrumen
Tes tertulis, performans (kinerja dan sikap),
Laporan tertulis
8 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,

§ Tata nama menurut IUPAC





§ Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
§ Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.


§ Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok dikelas



§ Memberi nama senyawa menurut IUPAC






§ Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
2 jam






1 jam