RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 2
Pertemuan : 1 s/d 2
Alokasi waktu : 4 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 5.1. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.
Indikator :
Pertemuan 1 dan 2
- Menjelaskan pengertian koloid dan sifat sifatnya.
I. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 dan 2
- Mampu menjelaskan koloid berdasarkan contoh contoh dalam kehidupan.
- Mampu mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
II. Materi Pembelajaran
- Sifat- sifat koloid
III. Metode Pembelajaran
Eksperimen
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan awal :
- Memotivasi siswa, memberikan contoh koloid disekitar siswa secara umum
Kegiatan Inti:
- Melakukan percobaan pembuatan koloid secara dispersi
Kegiatan Akhir :
- Membuat laporan tertulis
Pertemuan 2
Kegiatan awal :
- Pre tes tentang pembuatan koloid
Kegiatan Inti:
- Melakukan percobaan pembuatan kimia secara kimia (kondensasi dan peptisasi)
Kegiatan Akhir :
- Presentasi hasil percobaan.
V. Alat / Bahan / Sumber :
LKS, Buku Kimia yang relevan, alat dan bahan praktikum
VI. Penilaian
Jenis tagihan
- unjuk kerja, tugas kelompok
Bentuk instrumen
- laporan tertulis, tes tertulis
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
........................................ .............................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 2
Pertemuan : 3 s/d 5
Alokasi waktu : 6 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
Pertemuan 3
- Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
Pertemuan 4
- Mendeskripsikan peranan koloid dalam produk kosmetik, makanan, obat-obatan
I. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 3
- Mampu mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
- Mampu mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
Pertemuan 4
- Mampu mendeskripsikan peranan koloid dalam produk kosmetik, makanan, obat-obatan
II. Materi Pembelajaran
- sistem koloid
- peranan koloid dalam kehidupan
III. Metode Pembelajaran
Eksperimen/Demonstrasi
Diskusi kelompok
Tugas Rumah
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 3
Kegiatan awal :
- Memotivasi siswa, memberikan 3 jenis larutan (suspensi,koloid, larutan sejati)
Kegiatan Inti:
- Melakukan demonstrasi sifat-sifat larutan koloid
- Melakukan identifikasi jenis-jenis koloid
Kegiatan Akhir :
- Menyimpulkan hasil dmonstrasi
Pertemuan 4
Kegiatan awal :
- Pre tes tentang jenis-jenis koloid
Kegiatan Inti:
- Mendiskusikan jenis-jenis koloid
Kegiatan Akhir :
- Membuat tabel pengelompokan koloid berdasarkan fase dispersi dan terdispersi
Pertemuan 5
Kegiatan awal :
- Memotivasi siswa, memeriksa bahan makanan di sekitar siswa
Kegiatan Inti:
- Mendiskusikan koloid di sekitar siswa pada makanan, obat-obatan dan kosmetik
Kegiatan Akhir :
- Post tes
V. Alat / Bahan / Sumber :
LKS, Buku Kimia yang relevan, contoh-contoh koloid di sekitar siswa
VI. Penilaian
Jenis tagihan
- tugas kelompok
Bentuk instrumen
- tes tertulis
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
........................................ ..............