RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN

Mata Pelajaran                              :  Kimia
Kelas / Program / Semester           :  XI / IPA / 2
Pertemuan                                     :  1 s/d 2
Alokasi waktu                               :  4 x 45 menit.
Standart Kompetensi                    : 5.   Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                         : 5.1. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.

Indikator                                       :
Pertemuan 1 dan 2
-          Menjelaskan pengertian koloid dan sifat sifatnya.

I.             Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 dan 2
-          Mampu menjelaskan koloid berdasarkan contoh contoh dalam kehidupan.
-           Mampu mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)

II.          Materi Pembelajaran
-          Sifat- sifat koloid

III.       Metode Pembelajaran
         Eksperimen

IV.       Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan awal :
-          Memotivasi siswa, memberikan contoh koloid disekitar siswa secara umum
Kegiatan Inti:
-          Melakukan percobaan pembuatan koloid secara dispersi
Kegiatan Akhir :
-          Membuat laporan tertulis
Pertemuan 2
Kegiatan awal :
-          Pre tes tentang pembuatan koloid
Kegiatan Inti:
-          Melakukan percobaan pembuatan kimia secara kimia (kondensasi dan peptisasi)
Kegiatan Akhir :
-          Presentasi hasil percobaan.

V.          Alat / Bahan / Sumber :
        LKS, Buku Kimia yang relevan, alat dan bahan praktikum

VI.       Penilaian
Jenis tagihan
-  unjuk kerja, tugas kelompok
Bentuk instrumen
-  laporan tertulis, tes tertulis


         Mengetahui                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia
         Kepala Sekolah                                                 

        ........................................                                   .............................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAAN

Mata Pelajaran                              :  Kimia
Kelas / Program / Semester           :  XI / IPA / 2
Pertemuan                                     :  3 s/d 5
Alokasi waktu                               :  6 x 45 menit.
Standart Kompetensi                    : 5.      Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                         :  5.2.   Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator                                       :
Pertemuan 3
-          Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi

Pertemuan 4
-          Mendeskripsikan peranan koloid dalam produk kosmetik, makanan, obat-obatan

I.             Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 3
-          Mampu mengklasifikasikan  suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
-          Mampu mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
Pertemuan 4
-          Mampu mendeskripsikan peranan koloid dalam produk kosmetik, makanan, obat-obatan

II.          Materi Pembelajaran
-          sistem koloid
-          peranan koloid dalam kehidupan

III.       Metode Pembelajaran
         Eksperimen/Demonstrasi
         Diskusi kelompok
         Tugas Rumah

IV.       Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 3
Kegiatan awal :
-          Memotivasi siswa, memberikan 3 jenis larutan (suspensi,koloid, larutan sejati)
Kegiatan Inti:
-          Melakukan demonstrasi sifat-sifat larutan koloid
-          Melakukan identifikasi jenis-jenis koloid
Kegiatan Akhir :
-          Menyimpulkan hasil dmonstrasi
Pertemuan 4
Kegiatan awal :
-          Pre tes tentang jenis-jenis koloid
Kegiatan Inti:
-          Mendiskusikan jenis-jenis koloid
Kegiatan Akhir :
-          Membuat tabel pengelompokan koloid berdasarkan fase dispersi dan terdispersi
Pertemuan 5
Kegiatan awal :
-          Memotivasi siswa, memeriksa bahan makanan di sekitar siswa
Kegiatan Inti:
-          Mendiskusikan koloid di sekitar siswa pada makanan, obat-obatan dan kosmetik
Kegiatan Akhir :
-          Post tes



V.          Alat / Bahan / Sumber :
        LKS, Buku Kimia yang relevan, contoh-contoh koloid di sekitar siswa

VI.       Penilaian
Jenis tagihan
-  tugas kelompok
Bentuk instrumen
-  tes tertulis


         Mengetahui                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia
         Kepala Sekolah                                                 



            ........................................                                            ..............